Remaja Korea Utara Tertangkap Basah Dengarkan Lagu BTS

By Nad

nusakini.com - Internasional - Para siswa SMA Korea Utara yang tertangkap basah menyanyikan dan menarikan lagu dari grup K-Pop Korea Selatan BTS, sedang dalam penyelidikan, menurut laporan media Korea Selatan pada hari Kamis (5/8).

Seorang narasumber dari Provinsi Pyongan Selatan, Korea Utara, mengatakan para siswa ini merupakan peserta pelatihan Garda Pemuda Merah Korea Utara. Mereka sedang beristirahat ketika peristiwa terjadi. Garda Pemuda Merah adalah organisasi milisi yang menargetkan peserta remaja.

Siswa Sekolah Anju ini sedang mendengarkan lagu BTS yang berjudul "Blood, Sweat, & Tears" menggunakan player MP3 sambil menyanyikan liriknya, menurut sang narasumber.

Cabang lokal Partai Buruh Korea Utara dan pihak keamanan negara diberitahu mengenai tindakan para remaja ini. Akhirnya mereka sedang dalam penyelidikan karena mengikuti "ideologi dan budaya reaksioner" yang melanggar hukum Korea Utara.

Pada bulan Desember, Korea Utara meloloskan hukum mengenai ideologi dan budaya reaksioner, mereferensikan saluran informasi dari dunia luar, termasuk media hiburan dan siaran dari Korea Selatan.

Narasumber tersebut mengatakan popularitas BTS di Korea Utara sedang "meledak" di kalangan pemuda. Ia juga mengatakan para pemuda ini menyukai lagu-lagu BTS karena artinya yang dalam dan liriknya yang memberitahu pendengar untuk "mencintai diri mereka sendiri".